Our social:

Monday 26 December 2016

Penghuni Overload, Rutan di Bangil Akan Direlokasi

Pasuruan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan dan Dirjen Pemasyarakatan sepakat memindahkan atau merelokasi Rumah Tahanan (Rutan) Klas II Bangil yang sekarang di Jalan Raya Bangil-Pandaan, ke Desa Sidowayah di Kecamatan Beji. 

Pemindahan ini untuk mengatasi permasalahan rutan yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun yakni melebihi kapasitas atau overload.

"InsyaAllah tahun depan, bulan Januari akan dilakukan survei lokasi. Pemkab Pasuruan menawarkan lahan di Desa Sidowayah," kata Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, Senin (26/12/2016).

Bupati yang biasa disapa Gus Irsyad ini menyatakan Pemkab Pasuruan hanya menyediakan lahan, sementara pembangunan gedung akan dilakukan pihak Dirjen Pemasayarakatan Kemenkumham.

"Kami hanya sediakan lahan, pembangunan gedung dan lain-lain dilakukan Kemenkumham," jelasnya.

Saat ini kapasitas Rutan Bangil yang idealnya hanya mampu menampung 200 orang, namun jumlah warga binaan sudah mencapai 412 orang. Kondisi overload ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun, sementara pelebaran gedung rutan tak memungkinkan karena ketaktersediaan lahan.

"Overload hingga 200 persen," kata Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Bangil Mahendra.

Menurut Mahendra, pihaknya menyambut baik rencana pemindahan rutan. Menurut dia, gedung baru yang lebih luas akan bisa menampung warga binaan.

"Yang penting lahan baru tersebut mudah menjangkau sumber air karena air merupakan kebutuhan utama. Yang ada di rutan ini kan manusia, jadi itu harus diperhatikan," jelas Mahendra. 

0 comments:

Post a Comment